Rabu, 02 Oktober 2013

Final Fantasy I

Final Fantasy I



Developer : Squaresoft
Platform : NES, MSX2, Wonderswan Color, PSOne, NNT DoCoMo (Mobile), PSP, Wii Virtual Console, Plasytation Network, iPhone, iPod.
Release date : December 18, 1987
Genre : RPG
Media : Multimedia
Produser : Hironobu Sakaguchi
Programmer : Nasir Gebelli
Script Writer : Akitoshi Kawazu & Kenji Terada
Char & Art Desainer : Yoshitaka Amano
Music : Nobuo Uematsu


HISTORY

Final Fantasy I ini merupakan game yang fenomenal. Tahu kenapa? Dan mengapa game ini bernama Final Fantasy?  Itu karena game ini merupakan proyek terakhir dari si pencipta, Square yang akan mengakhiri masanya karena mengalami krisis finansial, sehingga mereka menamai game ini Final Fantasy karena sesuai namanya, "Final" yang artinya "terakhir". Tapi pihak Square justru salah paham, ternyata yang seharusnya menjadi sebuah "harapan terakhir" justru malah menghasilkan keuntungan yang luar biasa !!! Final Fantasy ini malah laku keras di pasaran Jepang maupun luar Jepang seperti Amerika. Justru karena game inilah, Square terus melanjutkan seri Final Fantasy-nya sampai saat ini. Tidak disangka, sebuah proyek yang seharusnya "Final" justru terus berlanjut sampai sekarang dan sudah menjadi salah satu game RPG paling berpengaruh, bahkan sampai dibuat kembali ke media lain.

Story


Kisah dari Final Fantasy I ini mungkin agak umum, karena ceritanya berhubungan dengan menyelamatkan dunia. Cerita ini berawal dari sebuah dunia yang sedang dilanda kehancuran karena empat kristal yang menjaga dunia dan keseimbangan alam mulai meredup. Pada saat itulah seorang peramal yang bernama Lukhan mengatakan bahwa akan ada empat orang penyelamat yang dijuluki "The Warrior of Lights" akan menghidupkan empat kristal agar kembali bersinar dan menyelamatkan dunia.

Setelah beberapa tahun kemudian, muncul-lah empat orang pendekar yang diramalkan itu. Masing-masing dari mereka membawa kristal dengan elemen yang berbeda-beda. Dan disaat itu pula, kerajaan Cornelia dilanda suatu masalah karena Garland, seorang knight yang jahat menculik putri Sarah yang merupakan putri raja Cornelia. Karena itulah, raja Cornelia meminta kepada Warrior of Lights untuk mengambil kembali putri Sarah dan mengalahkan Garland. Tidak disangka ternyata kekalahan Garland saat itu bukan suatu akhir, melainkan awal dari perjalanan Warrior of Lights untuk menyalakan cahaya kristal yang meredup.

Character

Dalam Final Fantasy I, tidak ada karakter khusus yang kita miliki, melainkan kita membuat sendiri empat karakter sesuai dengan job yang kita sukai. Setiap job memiliki kemampuan tersendiri . Berikut adalah job yang terdapat pada Final Fantasy I.

Warrior / Fighter
Job ini mungkin job yang selalu ada di setiap permainan. Kekuatannya yang besar dan bisa memakai berbagai senjata dan armor. Walaupun kekuatan seorang warrior besar, tetapi mereka tidak bisa menggunakan magic. Warrior bisa mengubah job menjadi lebih hebat, yaitu Fighter (bernama Knight kalau di Final Fantasy Dawn of Souls). di job ini mengalami sedikit perubahan, yaitu bisa menggunakan sedikit magic.

Skor (maksimal 5, penilaian berdasarkan pengalaman saya sendiri)
Attack : 4
Defense : 4
Magic : 1
Appearance : 3

Monk / Master
Serangannya sangat tinggi, karena saking tingginya defensenya pun sangat rendah. Menggunakan senjata nunchaku maupun tangan kosong. Setelah berganti job menjadi Master, kekuatannya pun semakin kuat dan menyakitkan. Job ini sama sekali tidak bisa menggunakan magic.

Skor
Attack : 5
Defense : 2
Magic : 0
Appearance : 2

Thief / Ninja
Job ini memiliki Agility dan Luck tinggi dan bisa memberikan combo lebih dari 1 HIT. Sangat mudah jika ingin kabur dari pertarungan. Setelah berubah menjadi Ninja, karakter ini bisa memakai berbagai macam equip dan bisa menggunakan sedikit Black Magic.

Skor :
Attack : 4
Defense : 3
Magic : 3
Appearance : 4

White Mage / White Wizard
Job ini sangat berguna karena merupakan karakter support yang bisa menyembuhkan atau menggunakan sihir buff seperti cure, haste, barrier, dan yang lainnya. Menggunakan senjata tongkat maupun gada. Memiliki Attack dan Defense yang rendah, walaupun tidak serendah Monk. Setelah berubah menjadi White Wizard, jumlah magicnya pun lebih banyak dan lebih bervariasi.

Skor :
Attack : 2
Defense : 3
Magic : 4
Appearance : 4

Black Mage / Black Wizard
Job yang memiliki ciri khas memakai wizard hat dan black cloak ini lebih menguasai magic serangan dan debuff seperti fire, ice, thunder, dan lainnya. Sama seperti White Mage, Attack dan Defense nya terbilang cukup rendah. Setelah menjadi Black Wizard, magicnya pun semakin banyak dan semakin kuat.

Skor :
Attack : 2
Defense : 2
Magic : 5
Appearance : 3

Red Mage / Red Wizard
Job yang merupakan gabungan dari 2 job yang berbeda, yaitu white dan black mage. Job ini merupakan job yang paling "balance" menurut saya karena selain menggunakan magic, equipnya juga bervariasi, dan statusnya yang seimbang. Bisa berubah job menjadi Red Wizard. Walaupun bisa menggunakan magic, tetap magic yang digunakan Red Mage agak terbatas.

Skor :
Attack : 3
Defense : 3
Magic : 3
Appearance 4

Sumber: http://fffanadulz.blogspot.com/p/final-fantasy-i.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar